Cara Membuat Windows XP Live CD (Booting WIndows XP dari CD)

Bookmark and Share
Pengalaman membuat windows xp live cd ini saya dapati ketika saya mempunyai computer tapi har ddisk computer saya rusak, mau beli harddisk tapi belum ada uang. Setelah browsing di internet, ternyata ada suatu software yang bisa digunakan untuk membuat windows Xp live cd, software itu bernama pebuilder.
Setelah itu saya mendownload software tersebut dan langsung saya melakukan eksperimen. Percobaan yang pertama berhasil dan bisa digunakan untuk booting live cd, tapi kala itu hasilnya kurang memuaskan karena fitur – fitur yang ada kurang lengkap.
Lalu saya mencoba browsing lagi di internet, bagaimana membuat winXP live CD yang lebih lengkap fiturnya. Ternyata untuk bisa membuat winXP live cd dengan fitur yang lebih lengkap di butuhkan plugin – plugin khusus yang harus di tambahkan pada saat membuatnya.
Memang kadang ada juga program – program yang bisa berjalan langsung tanpa perlu menambah plugin khusus yaitu dengan cara mengkopi langsung file yang sudah di install (yang sudah jadi) untuk dimasukkan bersama ke dalam CD tersebut, tapi sebagian besar program mungkin tidak bisa dilakukan dengan cara tersebut, sehingga harus diperlukan plugin tertentu.
Oke . tapi kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana membuat winXP live cd yang sederhana saja .
Apa saja yang kita butuhkan :
1. CD istalasi win xp 
2. Software pebuilder 
3. CD_RW drive, untuk membakar file *.iso 

Oke , marilah kita melangkah ke bagian selanjutnya, pertama kita nyalakan dahulu computer.
Lalu eksekusi program pebuilder.exe
Lalu akan ada permintaan untuk mencari file installation winXP,( sebelumnya masukkan dulu cd istalasi winXP) lalu tekan yes..
Pada bagian costum digunakan untuk menambah file / foder apa yang ingin di tambahkan,bisa juga untuk menabahkan program yang sudah jadi (tapi tidak semua program bisa di dukung, tanpa harus menambah plugin)
Pada bagian output adalah dimana kita akan menaruh file yang akan di jadikan format *.iso
Lalu selanjutnya pilih opsi Create ISO image,lalu klik BUILD
Tunggu saja lah hingga proses selesai
Setelah selesai tinggal di burn file *.iso (bisa dengan program nero burning atau dengan program bawaan pebulder yaitu starburn)
Windows xp Live CD sudah siap dicoba tinggal mencobanya
Pertama kita harus setting bios (restart komputer→ tekan del (untuk bios award / phoenix)
Lalu kita setting first bootnya lewat CD lalu simpan pengaturan bios
Setelah Computer restart, Selanjutnya masukkan winXP live cd…
‘’ Selamat anda sudah mempunyai winXP live cd ‘’
Walaupun fitur – fiturnya belum lengkap tapi paling tidak bisa kita gunakan sebagai bahan untuk menyelamatkan data ketika computer kita tidak bisa booting lewat harddisk. 

SEMOGA BERMANFAAT ARTIKEL YANG SEDERHANA INI...


Salam: YuezhaLovers

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger