Reproduksi :: Penyebab Kemandulan Pria

Bookmark and Share
Pelebaran pembuluh darah vena di kantong testismenjadi salah satu penyebab utama gangguan kesuburan pada pria. Angkaprevalensinya cukup tinggi, sekitar 45 persen dari pria sehat di duniamengalami hal itu.

Pelebaran pembuluh darah vena ini menyebabkanaliran darah tidak lancar sehingga ”menumpuk” di area skrotum (kantongtestis). Kumpulan darah ini meningkatkan suhu di sekitar testis yangbisa berdampak pada proses pembentukan spermatozoa.

”Pembentukanspermatozoa yang sehat di testis terjadi pada suhu 2-4 derajat celsiuslebih rendah dari suhu tubuh manusia. Kalau suhunya naik, spermatozoaakan mengalami kelainan,” kata Nur Rasyid, Ketua Departemen UrologiRumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang juga Ketua Asri Urology Center,Rabu (22/2), di Jakarta. Persoalan spermatozoa dan dampak terhadapkesuburan pria dibahas dalam diskusi media dengan Pusat Urologi RS AsriJakarta.

Spermatozoa adalah bibit yang terkandung pada spermalaki- laki. Mereka yang mengalami pelebaran pembuluh darah vena dikantong testis (varikokel) berisiko mandul karena berdampak padakelainan spermatozoa. Kelainan spermatozoa dapat berupa kelainanjumlah, gerakan, atau bentuk spermatozoa. Pada sebagian orang, jumlahspermatozoa itu sangat sedikit dan sudah rusak sehingga mengalamikemandulan.

Gaya hidup


Gaya hidupmenjadi salah satu penyebab terjadinya kelainan spermatozoa. Kebiasaanmerokok, minum alkohol, sering berendam di air panas, sauna, memangkulaptop saat bekerja, dan memakai celana dalam yang terlalu ketat dapatmeningkatkan suhu di sekitar area testis. Pria yang menggunakan hormontestosteron untuk membesarkan otot juga berisiko mengalami kekuranganjumlah spermatozoa.

Ponco Birowo, dokter spesialis urologi RSAsri, mengatakan, sebanyak 8-12 persen pasangan menikah menghadapimasalah ketidaksuburan. Dari jumlah tersebut, 20 persen di antaranyadisebabkan ketidaksuburan pria. ”Jadi, kalau ada pasangan tidak punyaanak atau sulit punya anak, jangan hanya menyalahkan perempuan karenalaki-laki juga bisa mandul,” kata Ponco.

Pemeriksaan kesuburansebaiknya dilakukan jika dalam satu tahun pasangan menikah belum jugamempunyai anak. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui faktorpenyebab ketidaksuburan. Cedera fisik berupa saluran testis yangmelintir atau terjepit menyebabkan kemandulan karena testis merupakanpemroduksi spermatozoa.

Pemeriksaan ketidaksuburan lebih mudahdilakukan pada laki- laki karena lebih sederhana. Sperma ditampung,lalu diperiksa laboratorium untuk mengetahui kondisi spermatozoa.

Denganteknologi modern, varikokel bisa diatasi dengan bedah minor. Namun,sebelumnya perlu dilakukan pemeriksaan detail, seperti wawancara untukmengetahui riwayat penyakit, pemeriksaan fisik, pemeriksaan hormon(FSH, LH, dan testosteron), serta pemeriksaan ultrasonografi padaskrotum.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger