Review Lenovo ThinkCentre Edge 91z

Bookmark and Share

PC AiO ini mengunggulkan featurekeamanan dan proteksi data yang sangat penting bagi sebuah UKM.
Kiprah Lenovo melalui perangkatnotebook dan PC desktop-nya sudah cukup terkenal dan diakui. Kini Lenovo juga rajin menghadirkan perangkat PC AiO. Salah satunya yaitu seri ThinkCentre Edge 91z.
Jika dulu PC AiO dipandang sebelah mata karena menawarkan spesifikasi yang pas-pasan, kini tidak lagi. Spesifikasi dari PC all-in-one ini memang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pasar. Jadi jangan heran jika terdapat perbedaaan spesifikasi komponen yang tercantum pada situs resmi, pada manual, atau pun pada paket.
PC AiO ini menawarkan spesifikasi yang menarik berkat penggunaan prosesor Sandy Bridge berupa Intel Core i5 dengan clock 2,6 GHz. Memorinya menggunakan kapasitas 4 GB yang bisa dimaksimalkan hingga 16 GB.
Pemilihan komponen pada PC AiO memang cukup fleksibel karena Anda bisa meng-upgradeprosesor, memori, serta harddisk. Tentu saja motherboard-nya tidak bisa diganti karena sudah tertanam secara permanen.
Motherboard yang ada menggunakan chipset Intel B65. Chipset ini memang jarang digunakan pada platform desktop karena biasa ditujukan bagi penggunaan bisnis. Jika Intel Q67 menyasar segmen bisnis dengan feature yang lebih lengkap, Intel B65 menyasar segmen yang lebih rendah. Di dalamnya terdapat feature perlindungan data menggunakan teknologi ThinkVantage. Dengannya Anda bisa melakukan pengamanan data yang mencakup perlindungan, pemulihan, pengelolaan, dan pembaruan (update) PC dengan mudah.
Urusan grafis perangkat ini ditangani oleh chipset Intel Graphics X4500HD. Perangkat ini telah mendukung Direcx 10 dan Shader Model 2.0. Chip grafis bawaan jenis ini memang lazim digunakan pada PC AiO yang diperuntukan bagi aktivitas non-gaming.
Kemampuan perangkat ini dalam menangani aktivitas multimedia tergolong bagus. Buktinyachip grafis ini sanggup memainkan kandungan multimedia definisi tinggi dengan resolusi hingga 1080p. Ini membuatnya bisa dipakai menjalankan aktivitas serius atau sekadar menjalankan aneka file hiburan.
Jika ada yang kurang, kami melihat desainnya yang terlalu sederhana. Tampilan produk ini polos tanpa ada nuansa canggih. Anda hanya akan mendapati layar berukuran 21,5 inci yang menyatu dengan kaki penyangganya. Bagian atas layar dilengkapi webcam yang memiliki resolusi 2 MP. Yang unik disertakan feature Enhanced Experience 2.0 for Windows 7 yang akan mempercepat proses booting.
(Dayu Akbar – Kontributor)
****
Lenovo ThinkCentre Edge 91z menawarkan spesifikasi mumpuni untuk menangani aktivitas komputasi bisnis modern. Telah disertakan juga feature proteksi dan recovery untuk melindungi data. Tentu saja dukungan terhadap jaringan disertakan baik secara kabel maupun nirkabel. Dengan segala kelengkapannya, produk ini sesuai untuk menangani aktivitas multimedia definisi tinggi.

Hasil Pengujian
Skor uji menunjukkan kinerja mumpuni dalam hal aktivitas berbasis prosesor. Apalagi ini ditandem dengan memori 4 GB dan harddisk berbasis SATA3 yang kencang. Tapi denganchip grafis Intel X4500HD, jangan harap game 3D berbasis DirectX akan bisa dimainkan secara lancar.
Pengujian
Lenovo ThinkCentre Edge 91z
SYSmark 2012 V1.0.0.54 (64 bit)
134
PCMark7 Professional Edition V1.0.4
2463
3DMark Vantage Versi 1.0.2
P976
Cinebench R11.5
4,17 pts
STALKER Call of Pripyat Bencmark V1.6.00 (average)
8,57 fps
Sisoff Sandra Lite 2011 SP4c (Dhrystone)
78,22 GIPS
Encoding Audio
1 menit 23 detik
Encoding Video
16 menit 24 detik

Spesifikasi Lenovo ThinkCentre Edge 91Z
Prosesor
Intel Core i5-2400S (6M Cache, 2,6 GHz)
RAM
4 GB DDR3 PC3-1333 (667 MHz)
Motherboard
Intel B65
Kartu Grafis
Intel GMA X4500HD
Kartu Suara
Realtek ALC269
Harddisk
1 TB 7200 RPM Sata-III, ST31000524AS
Optical Drive
DVD +/- RW (HL-DT-ST DVDRam GT30N)
Wireless
Wireless 802.11b/g/n
Lain – Lain
Card Reader, HDMI, USB2.0, webcammicrophonebuilt-in speaker
Sistem Operasi
Microsoft Windows 7 Professional (32-bit)
Monitor
22” 1920x1080
Bobot
8,4 kg
Garansi
3 Tahun
Situs Web
Harga kisaran*
US$950
*Bening Communication; (021) 3017-9841  



Ada
 HDMI Koneksi yang disediakan tergolong standar, dengan perkecualian adanya portHDMI. Penempatan 4 port USB2.0 agak merepotkan saat Anda hendak memasang atau melepas perangkat dari koneksi tersebut.




Mudah dijangkau 
Penempatan card-reader serta 2 portUSB2.0 tambahan di sisi layar cukup ideal karena lebih mudah dijangkau dibanding bagian belakang.




Masih DVD 
Meski mendukung konten multimedia definisi tinggi, perangkat optis masih berupa pemutar DVD, bukan Bluray. Ini barangkali terjadi karena harga perangkat Blu-ray yang masih mahal.

Plus     : Kinerja keseluruhan baik; ada tekonologi ThinkVantage; ada feature quick booting;port storage menggunakan SATA3 yang kencang.
Minus : Tampilan sederhana; tanpa port modern seperti eSATA, FireWire atau USB3.0. 

Skor Penilaian 
- Kinerja            : 4
- Fasilitas          : 3,75
Kemudahan    : 4
- Harga              : 3,5
- Skor Total       : 3,83






Semoga Bermanfaat Info Gadget Ini Dari Kami..
Salam: 
YuezhaLoverZ
Wassalamualaikum Wr. Wb.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger