Tips Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Bookmark and Share

Mahasiswa tingkat akhir semakin dekat dengan kelulusan. Dalam waktu singkat, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk terjun ke dunia kerja. Sebelum semuanya terlambat, sebaiknya mahasiswa tingkat akhir harus melakukan 10 hal .

Punya banyak ideAda banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan. Misalnya mencarinya sendiri, meminta bantuan keluarga dan teman, atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri. Semuanya ada di tangan Anda, jadi siapkan banyak ide untuk meraih apa yang dicita-citakan.

Mempelajari manajemen pekerjaanEntah itu soal surat lamaran kerja, tak-tik wawancara, atau yang lain, mulai sekarang sebaiknya Anda mulai mempelajari hal itu. Jika perlu, Anda bisa mencoba untuk mempraktikannya.

Membuat profil LinkedInJejaring sosial bukan cuma Facebook dan Twitter. Cobalah untuk membuat profil profesional di LinkedIn demi mendukung latar belakang karir. Pasang foto dan deskripsi pekerjaan yang diinginkan. Jika perlu, tambahkan surat lamaran profesional dan rekomendasi dari orang-orang yang tahu kinerja Anda.

Surat lamaran kerja kreatifJangan biarkan surat lamaran kerja Anda terlalu datar. Sebab sudah banyak orang yang bisa membuat hal serupa. Lebih baik belajar menyusun surat lamaran kerja yang kreatif dan menunjukkan nilai plus dalam diri Anda.

Menyiapkan banyak targetJangan cuma menarget satu tempat saja untuk bekerja. Namun siapkan sebanyak mungkin sesuai dengan kriteria kemampuan dan keinginan Anda. Sebab jika salah satunya gagal, Anda tidak perlu bingung mencari pilihan yang lain.

Memanfaatkan jejaring sosialBersihkan segala postingan yang buruk dalam jejaring sosial. Sebab beberapa perusahaan terkadang 'mengintip' jejaring sosial calon pegawainya. Tunjukkan bahwa Anda sangat profesional dalam dunia nyata maupun maya.

Menghadiri job fairJob fair biasanya dikhususkan untuk lulusan baru maupun lama yang ingin mencari kerja. Namun mahasiswa akhir sebenarnya juga bisa mengikutinya. Dari situ Anda akan bisa belajar bagaimana menjaring pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan.

Bertanya pada yang ahliJangan memutus hubungan baik Anda dengan senior. Sebab siapa tahu mereka bekerja di salah satu perusahaan favorit Anda. Jika masih punya nomor teleponnya, hubungi mereka. Tanyakan langsung pada yang ahli mengenai berbagai tips dan trik agar bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Membagi waktuMeskipun pekerjaan itu penting, namun tugas akhir Anda juga penting. Jangan hanya sibuk memikirkan pekerjaan sampai tugas akhir terbengkalai. Sebaiknya Anda tetap berusaha membagi waktu dengan baik agar keduanya bisa berjalan seimbang.

Jangan terlalu khawatirBanyak lulusan baru yang memang butuh waktu lama agar bisa mendapatkan pekerjaan pertama. Namun Anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Jika waktunya tepat, Anda pasti akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, sekaligus penghasilan yang didapatkan.
Itulah hal-hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir. Semoga cita-cita Anda mendapatkan pekerjaan impian bisa tercapai!


sumber:usnews

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger