Perbedaan Mambo dan Joomla

Bookmark and Share
Pertama-tama kredit saya berikan untuk @kecoa-ngamuk di kaskus.

Oke, langsung saja,
Apa itu Mambo?
Mambo pertama kali diperkenalkan dengan nama Mambo Open Source (MOs) dan sekarang hanya disebut Mambo. Mambo didevelop pertama kali oleh Miro Programmers pada tahun 2000. Karena perkembangannya yang sangat pesat maka dibentuklah sebuah wadah untuk research and development yang dinamakan Mambo Foundation yang bekerja sama dengan perusahaan dari Australia yaitu Miro serta dikeroyok oleh beberapa volunteers dan pecinta Mambo di seluruh dunia.

Dewasa ini Mambo versi terakhir (4.6) sendiri sudah jarang digunakan, karena sudah banyak web master yang bermigrasi ke platform Joomla.


Apa itu Joomla?
Pada awal terbentuknya Joomla, memiliki keterkaitan dengan Mambo.
Berawal dari adanya sedikit perbedaan pandangan antara developer (pengembang) dengan founder (pembuat program).

Pihak founder berkeinginan untuk membentuk sebuah perusahaan bernama Mambo Foundation, namun para pengembang tidak setuju karena mereka beralasan bahwa jika Mambo sudah ditangani oleh sebuah perusahaan maka dikhawatirkan Mambo akan menjadi sebuah software yang komersial.

Padahal tujuan awal dibuatnya Mambo adalah open source (gratis) untuk semua orang dan siapapun boleh menggunakan, menduplikasi, atau bahkan memodifikasi.

Kondisi seperti ini memicu para developer yang memiliki tanggung jawab dan hati nurani kepada user membuat mereka hengkang dari kepengurusan Mambo. Yang pada akhirnya para developer yang tidak setuju tersebut bergabung dan menciptakan sebuah software tandingan Mambo. Maka terciptalah sebuah sofware yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama persis bernama Joomla.


Kecuali Joomla versi 1.5x, hampir seluruh modul maupun komponen untuk Mambo dapat pula digunakan pula pada Joomla 1.0.1x. Jadi, entah Anda menggunakan Mambo ataupun Joomla 1.0.1x, tidak menjadi masalah karena seluruh tool memiliki fungsi yang sama.


Mambo
http://www.mambo-foundation.org/

Joomla
http://www.joomla.org/

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger