Persiapan Untuk Menjadi Sehat Dalam Sekejap Dengan Meditasi Dinamis Ananda

Bookmark and Share
Persiapan Untuk Menjadi Sehat Dalam Sekejap Dengan Meditasi Dinamis AnandaDalam blog Kesehatan Holistik – menjadi sehat bebas penyakit, disediakan banyak cara memberdaya diri diantaranya : manajemen stres, terapi air, terapi ceria, makanan sehat, meditasi dan lainnya. Bila mengikutinya sejak awal , anda bisa melakukan latihan-latihannya secara bergantian, tetapi bila bila baru saja bergabung pasti agak bingung dengan begitu banyaknya cara yang harus dilakukan untuk memperoleh kesehatan holistik.

Jangan bingung! Coba ambil yang paling mudah dahulu - terapkan dalam beberapa minggu, kemudian coba yang lain. Bila Anda membutuhkan tambahan penjelasan / informasi, silahkan menuliskan di kotak komentar , nanti akan segera saya berikan penjelasan hal-hal yang Anda butuhkan.


Postur-postur dalam latihan Meditasi Dinamis Ananda (MeDinA) ini diambil oleh Bapak Anand Krishna dari berbagai tradisi, dengan sedikit improvisasi disana-sini. Urutan postur merupakan ramuan khas Anand Ashram yang telah di uji manfaatnya, sebelum disajikan untuk masyarakat luas. Jika melakukannya setiap hari, dalam waktu tujuh hari saja Anda sudah akan merasakan manfaatnya.

Kadang-kadang bisa buang air besar atau buang air kecil lebih sering, atau keringatan. Jangan takut, karena memang sedang terjadi proses detoksifikasi dalam diri Anda, yang penting imbangi dengan
terapi air sesuai berat badan. Tetapi jika rasa tidak nyaman yang dirasakan berkelanjutan, hentikan dahulu latihan-latihan ini dan hubungilah dokter Anda dan mintalah sarannya. Biasanya ada penyakit lain yang membutuhkan penanganan medis.

Untuk diketahui, latihan-latihan ini sudah di uji berulang kali. Belasan ribu peserta telah mengikutinya dan tidak ada efek samping apapun juga. Kendati demikian, ada baiknya jika Anda juga berkonsultasi dengan seorang dokter. Khususnya mereka yang sedang dalam perawatan medis, sedang menjalani suatu treatment dan para penderita
penyakit Hipertensi, Diabetes, Asma, Gangguan jantung dan lain sebagainya, harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai latihan-latihan ini.

Perhatikan butir-butir berikut:


1. Latihan Medina terbagi dalam 7 postur dalam 20 langkah. Postur-postur ini berkesinambungan dan harus dilakukan secara berurut.


2. Sebaiknya dilakukan di atas alas – bisa karpet, handuk berukuran besar , tikar ataupun matras yang tipis.


3. Untuk memperoleh manfaat yang optimal, latihan harus dilakukan dengan mata tertutup.


4. Tujuan gerakan-gerakan meditatif ini bukan hanya semata-mata untuk mengolah “raga” Anda, tetapi juga untuk mengolah “batin”, sehingga selama mempraktekkan Medina sebaiknya dalam keadaan tenang dan tidak terganggu.


5. Penggunaan musik lembut sebagai pengantar atau pengiring akan sangat membantu.

6. Pengucapan “afirmasi” seusai setiap postur harus pelan-pelan, jangan tergesa-gesa. Biarkan otak merekam kata-kata yang Anda ucapkan. Pada saat yang sama, gelombang otak juga mengalami pendataran dan badan akan mengalami rileksasi.


7. Waktu yang tepat untuk mempraktekkan Medina adalah pagi hari. Jika melakukan olahraga atau latihan-latihan lain, Medina harus dilakukan setelah latihan-latihan tersebut.


8. Jangan mempraktekkan Medina dengan perut kenyang. Jika melakukannya pada sore atau malam hari, sebaiknya 4 jam setelah makan.


9. Diatas segalanya , mulailah latihan Medina ini dengan mengucapkan Bismillah, atau Puji Tuhan, atau Halleluya, atau Om Namo Buddhaaya atau Avighnam Astu, atau kalimat pujian lainnya sesuai dengan kepercayaan Anda. Membaca doa singkat seperti Al-Fatihah, Doa Bapa Kami, Gayatri atau Buddham Saranam juga akan sangat bermanfaat. Demikian Anda akan menyentuh setiap lapisan kepribadian dalam diri – termasuk lapisan spiritual. Yang penting, jangan mengucapkannya secara mekanis. Ucapkan pelan-pelan, sambil menghayati makna setiap kata.


10. Latihan Medina akan semakin terasa , jika menyelinginya dengan latihan Membudayakan Emosi seminggu sekali dan/ atau Membudayakan Suara dua minggu sekali.


11. Perhatikan makanan Anda, pilihlah kelompok
makanan sehat yang menenangkan jiwa Anda , jangan makanan yang membuat menjadi bertambah gelisah ataupun menjadi bertambah hiperaktif.

Setelah Anda memahaminya, silahkan untuk mulai berlatih Medina. Hapalkan dahulu gerakan serta masing-masing afirmasinya sehingga dalam 2 -3 hari tanpa membuka catatan Anda suAdah menghapalnya. Kemudian hayati setiap gerakan dan afirmasinya – sehingga dalam tujuh hari akan terjadi perubahan dalam diri Anda.


Ya,
kesehatan holistik - sehat tanpa penyakit akan Anda peroleh begitu mudahnya bila mau berupaya memberdaya diri.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger