Sehat Dalam Sekejap: Solusi Untuk Mengatasi Gelisah Dan Cemas

Bookmark and Share
Sehat Dalam Sekejap: Solusi Untuk  Mengatasi Gelisah Dan CemasDalam tulisan kesehatan holistik kali ini, masih satu rangkaian untuk mendapatkan solusi sehat dalam sekejap – membahas rasa gelisah dan cemas.

Sebab utama kegelisahan adalah rasa “tidak berdaya”. Perhatikan , jika Anda telusuri secara jujur sebab utama setiap masalah adalah “diri” Anda sendiri. Orang-orang dan kejadian-kejadian di luar sana hanya berperan sebagai “pemicu”. Jika dalam diri tidak ada “sebab” , pemicu di luar tidak dapat memancing apa-apa.

Rasa tidak berdaya bisa timbul karena suatu kejadian traumatis. Anda melihat seseorang ditodong di dalam bus. Lalu Anda begitu ketakutan, sehingga tidak berani melakukan perjalanan dengan bus. Di balik kegelisahan Anda, ada rasa tidak berdaya. Anda ingin membantu orang yang sedang ditodong , tetapi merasa tidak cukup kuat untuk melawan si penodong. Sekarang gelisah sendiri.

Lalu, bagaimana cara membebaskan diri dari kegelisahan?. Mungkinkah diri Anda terbebaskan dari rasa gelisah untuk selama-lamanya? Jawabanya: tidak! Kegelisahan merupakan fenomena yang amat sangat alami. Para buddha, mesias dan nabi juga mengalami kegelisahan. Melihat ketololan kita, mereka menjadi “gelisah”. Itu sebabnya mereka berada di tengah kita, padahal mereka tidak “perlu” berada di tengah kita.

Lalu bedanya apa? Apa yang membedakan mereka dari kita? Kegelisahan dalam diri mereka menjadi pemicu bagi peningkatan kesadaran. Kegelisahan dalam diri Anda mengahnyutkan kesadaran Anda. Api yang sama , bisa dijadikan cahaya untuk menerangi ruangan., bisa juga digunakan untuk membakar rumah. Mereka menggunakannya sebagai cahaya untuk menerangi dunia kita. Kita menggunakannya untuk membakar diri sendiri.

Saya tidak menganjurkan latihan apapun untuk melawan atau mengatasi kegelisahan. Yang saya anjurkan hanya satu – pahamilah kegelisahan Anda, sadarilah ketidakberdayaan diri. Lalu memberdaya diri – that’s it.....

Jika Mengganggu Sekali.
· Jika kegelisahan begitu mengganggu, istirahatlah sejenak.
· Berbaring di atas ranjang atau lantai yang beralas .
· Dengan kedua kaki terpisah, renggang. Lengan tidak menyentuh badan, agak renggang sedikit. Mata tertutup.
· Bernafaslah pelan-pelan lewat hidung. Tarik nafas, kembungkan perut. Buang nafas, kempiskan perut. Lakukan selama kurang lebih 10 menit.
· Pikiran akan menjadi jernih. Dan kegelisahan bisa berubah menjadi pemicu bagi peningkatan kesadaran. (Anand Krishna: Sehat Dalam Sekejap)

Bila telah melakukannya, pikiran tidak menjadi jernih karena kegelisahan yang tersimpan begitu banyak, Anda harus mengikuti program Open House yang diadakan oleh Anand Ashram. Program ini diberikan secara gratis, silahkan mengikuti sesuai jadwal yang ada di kota Jakarta, Yogyakarta dan Denpasar. Setelah beberapa kali mencicipi program Open House dan memperoleh manfaatnya, Anda bisa mengikuti program latihan reguler secara lengkap sehingga seluruh permasalahan yang mengibatkan stres akan teratasi secara bertahap.

Setelah stres teratasi dengan latihan, hasil akhirnya adalah kesehatan holistiksehat dan terhindar dari penyakit, menjadi sehat dengan melakukan latihan secara rutin – tiada hari tanpa latihan!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger