Mengembalikan Booting Ubuntu Yang Hilang

Bookmark and Share
Langsung saja ke kasus yang saya alami, dan mungkin anda juga pernah mengalami. Saya menggunakan 2 Operating System (OS) yaitu Windows XP dan Ubuntu versi 9.04. Ketika booting selalu ada menu pilihan OS yang akan anda pakai mau windows apa ubuntu. Tapi ketika saya terpaksa harus menginstall ulang Windows karena virus misalnya, menu booting tersebut hilang dan langsung menuju lampilan loading windows.
Nah, agar booting ubuntu kembali muncul ada beberapa langkah yang pernah saya lakukan dengan berkonsultasi ke teman saya yang sudah mahir yaitu :
  1. MASUKAN CD Instalan ubuntunya (sama seperti pertama kali install ubuntu).
  2. Setelah komputer di RESTART dan mulai membaca CD ubuntu tersebut, akan muncul menu-menu.
  3. JANGAN pilih menu Install.
  4. Pilih menu yang paling atas Try…(jika di terjemahkan, “Mencoba Demo Ubuntu tanpa merubah settingan komputer Anda”).
  5. Tunggu beberapa saat, sampai anda masuk ke tampilan ubuntunya (Ubuntu Live CD).
  6. Setelah itu, JALANKAN Konsole atau Terminal.
  7. Jika telah masuk, anda harus bertindak sebagai root dengan mengetikan perintah : sudo su
  8. Setelah itu ketikan perintah : grub
  9. Kemudian ketikan perintah : find <spasi> /boot/grub/stage1
  10. Maka akan keluar dimana partisi linux Anda berada, misalnya kalo saya berada di (hd0,4). Tinggal Anda sesuaikan dengan apa yang ditampilkan di komputer Anda.
  11. Setelah itu ketikan perintah : root <spasi> (hd0,4)
  12. Kemudian ketikan perintah : setup <spasi> (hd0)
  13. Tunggu sampai ada bacaan berhasil.
  14. Jika telah selesai tinggal ketikan perintah : quit
  15. Restart komputer anda dan lihat hasilnya
  16. Selesai
Sekian tutorial dari saya selamat mencoba dan semoga berhasil :)
sumber : Disini

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger