Kesehatan :: Belum Bisa Jalan, Bayi Ini Harus Bisa Renang untuk Sembuhkan Jantungnya

Bookmark and Share
Manchester, Inggris,

Walau belum bisa berdiri danberjalan, balita ini sudah belajar renang sejak usia 10 minggu. Setelahterus belajar akhirnya balita Rosanna Ogden bisa berenang di umur 13bulan. Bayi Rosanna harus belajar renang dulu untuk menyembuhkanjantungnya yang kena tumor.

Rosanna harus menjalani operasijantung terbuka ketika masih berusia 6 minggu. Ketika selesaidioperasi, dokter menyarankan olahraga renang bisa membantunya pulih.

Saranyang diberikan oleh dokter ini ternyata benar-benar bermanfaat untukRosanna, karena ia tidak lagi kambuh atau konsultasi ke dokter akibatkomplikasi yang dihasilkan. Bahkan ia bisa berenang di kolam terlebihdahulu sebelum ia bisa berjalan sehingga dijuluki 'Little Mermaid'.

Rosannadidiagnosis dengan kondisi rhabdomyoma, yaitu tumor jantung jinak yangsangat langka karena hanya ditemukan 3 kasus serupa di Inggris dalamwaktu 1 dekade terakhir. Orangtua Rosanna, Mick dan Sanam diberitahubahwa kemungkinan Rosanna tidak bisa bertahan menjalani operasi selama8 jam.

"Kondisi itu sangat menakutkan. Tapi tanpa operasi diatidak mungkin memiliki kesempatan untuk hidup," ujar Sanam (26 tahun),seperti dikutip dari The Sun, Kamis (23/2/2012).

Namunternyata operasi yang berjalan cukup panjang itu berhasil mengangkatsebagian besar tumor jinak yang ada di jantungnya, dan sisa dari tumorini akan menyusut saat ia tumbuh nanti. Dokter mengungkapkan bahwaberenang bisa membantunya membangun kekuatan untuk cepat pulih.

Sejaksaat itu Rosanna pun harus belajar berenang dan untung saja ia sangatmenyukai air dan mulai melakukannya beberapa kali dalam seminggu.

"Diatidak punya masalah ketika berada di air dan tidak pernah menangis.Para dokter mengaku sangat senang dengan perkembangan Rosanna danmengatakan dia akan semakin kuat dan bahkan lebih cepat pulih dari yangdiharapkan sebelumnya," ujar Sanam.

Rosanna akhirnya benar-benarbisa berenang untuk pertama kalinya saat keluarganya berlibur keSpanyol ketika berusia 13 bulan. Bahkan saat itu ia belum bisa berjalanmengambil langkah pertamanya, tapi ia bisa berenang seperti bayi putriduyung.

Saat ini Rosanna sudah memperoleh sertifikatnya untukberenang 10 meter, ia jadi suka menyelam dan berenang di bawah airserta bisa melakukan renang dengan gaya bebas dan kupu-kupu. Dankondisinya semakin lama semakin membaik dan bisa bertahan hidup untukmemulihkan kondisinya.

Rhabdomyomas jantung biasanya terdeteksisebelum bayi lahir atau selama tahun pertama kehidupan. Studi telahmenunjukkan bahwa kejadian ini sekitar 0,002-0,25 persen pada bayi yangmeninggal, 0,02-0,08 persen pada bayi lahir hidup serta 0,12 persensaat masih dalam kandungan.

Rhabdomyomas jantung seringkaliterjadi pada pasien yang memiliki tuberous sclerosis, karena ditemukansekitar 50 persen kasus seperti ini. Kondisi lain yang bisa menajdifaktor risiko adalah autosomal dominant–inherited atau secara sporadisyang ditandai dengan hamartomas luas yang melibatkan otak, ginjal,jantung, kulit dan organ lain.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger