Andalah Calon Pahlawan Abad 21

Bookmark and Share
Sekarang sudah Bulan Agustus. Sekali lagi kita diingatkan bahwa negara ini merdeka karena perjuangan para pendahulu. Setelah para pendahulu pergi, generasi berikutnya membangan negeri ini hingga menjadi seperti sekarang. Pertanyaannya, apa yang ingin kita lakukan saat ini untuk mengisi kemerdekaan.

Jika para pendahulu kita berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, maka hari ini kita ditantang untuk menjadikan negeri ini lebih baik dari kemarin. Dan hari esok kita ditantang berbuat supaya negeri ini lebih baik dari hari ini.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan melakukan apa yang Anda bisa sebaik mungkin. Penuhilah segala kewajiban Anda sebagaimana mestinya. Jika Anda memimpin lembaga negara, buatlah supaya lembaga yang Anda pimpin mampu melayani rakyat. Jika Anda berada pada posisi tengah, bantulah bawahan Anda supaya mampu melayani masyarakat dengan lebih baik lagi, dan bantulah atasan Anda supaya mampu membuat keputusan yang benar. Jika Anda berada pada posisi bawah, buatlah supaya pelayanan Anda berfungsi secara maksimal, dan komunikasikan kebutuhan Anda pada atasan supaya pelayanan Anda menjadi lebih baik lagi.

Jika Anda bukan pejabat, lakukanlah semua pekerjaan Anda sebaik mungkin.

Mungkin Anda mengatakan: ah ... saya kan hanya pekerja kasar. Ini bukanlah sikap yang dibutuhkan untuk mengisi kemerdekaan. Mungkin kita sering meremehkan profesi-profesi tertentu. Contohnya adalah tukang sampah. Coba bayangkan, jika tukang sampah dalam satu kota serempat mogok selama satu minggu, apa yang terjadi? Kacau. Katakan di Yogyakarta saja. Kota dengan ukuran menengah ini tiap hari memproduksi minimal 5.000 ton sampah! Jika dalam satu minggu petugas kebersihan tidak bekerja, akan ada tumpukan lebih dari 35 ribu ton sampah. Citra kota Yogyakarta sebagai kota pelajar dan kota budaya bisa hancur gara-gara tukang sampah mogok selama seminggu.

Jadi apa pun pekerjaan Anda, Anda tetap bisa mengisi kemerdekaan ini. Bagi yang masih belajar, belajarlah dengan giat, sehingga ongkos pendidikan yang ditanggung orang tua Anda bisa sedikit berkurang. Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, mengapa Anda tidak mencoba menciptakan lapangan kerja untuk diri Anda sendiri? Jika ini Anda lakukan, beban pemerintah untuk mencipkatan jutaan lapangan kerja per tahun akan berkurang. Bagi Anda yang sudah bekerja, bekerjalah yang giat. Lakukan kewajiban Anda.

Bagi Anda yang sudah sukses menjadi pegawai, mengapa Anda tidak mencoba menciptakan usaha sendiri sehingga bisa menyerap tenaga tetangga sekampung yang masih menganggur. Bagi Anda yang menjadi pengusaha, berikan hak-hak karyawan Anda sebagaimana mestinya. Siapa tahu tambahan uang sepuluh-dua puluh ribu perbulan yang Anda bayarkan pada karyawan Anda, bisa untuk melunasi tunggakan SPP anak karyawan Anda.

Jadi cara mengisi kemerdekaan adalah dengan melakukan semua kewajiban Anda. Jika Anda punya kelimpahan rejeki, bagilah sedikit untuk sesama dalam bentuk penciptaan lapangan kerja baru. Inilah tantangan calon-calon pahlawan abad 21 ini.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger