Peristiwa besar hari Jumat tanggal 13

Bookmark and Share
Setiap tanggal 13 muncul di hari Jumat, Stress Management Center and Phobia Institute di Asheville mencatat terdapat kerugian bisnis sekitar Us$800 juta (Rp 7,2 triliun) karena adanya ketakutan sebagai hari terkutuk.

 Berikut peristiwa buruk yang dikaitkan dengan Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13.



Tentara dari Raja Philip IV Prancis, menggerebek rumah Ksatria Templar (tentara Perang Salib) dan memenjarakan beberapa ribu orang atas tuduhan kegiatan ilegal pada 13 Oktober 1307. Ratusan orang menderita karena penyiksaan yang diimaksudkan untuk memaksa pengakuan.





Pada 13 Agustus 1521, Conquistador HernĂ¡n Cortes menangkap Cuauhtemoc, penguasa Tenochtitlan. Ia mengklaim kota Spanyol dan menandai berakhirnya Kekaisaran Aztek. Cortes mengangkat penguasa baru dan tempat itu dinamai sebagai Mexico City.



Pada 13 November 1789, Benjamin Franklin menulis "Segala sesuatu tampaknya hanya sekadar janji untuk segera berakhir. Akan tetapi, di dunia ini tidak ada yang pasti selain kematian dan pajak.”



Pada 13 September 1940, lima bom Jerman telah menghancurkan Buckingham Palace dan Palace Chape, sebagai bagian dari kampanye strategis pemboman ‘Blitz’ milik Hitler.



Pada 13 Juni 1952, Gubernur Massachusetts, Kyle McArthur melarang semua transportasi otomotif digunakan pada hari sial tersebut. Sembilan bus kota telah menabrak satu dengan yang lain di pusat kota Boston pada saat itu.



Pada 13 Juli 1956, Amerika Serikat dan Inggris menolak permintaan India dan Yugoslavia untuk menghentikan pengujian senjata nuklir di atmosfer.



Pada 13 November 1970, sebuah badai besar di Asia Selatan menewaskan sekitar 300 ribu orang di Chittagong, Bangladesh. Peristiwa ini menciptakan banjir yang menewaskan sekitar 1 juta penduduk di delta Sungai Gangga.



13 Juni 1986, artis kembar terkenal Mary-Kate Olsen dan Ashley Olsen lahir.



13 Januari 1989, virus "Friday the 13th" telah merusak ratusan komputer IBM di seluruh Inggris. Virus ini menghapus data program dan menimbulkan kecemasan besar.



13 Oktober 1989 The Dow Jones Industrial Average mengalami penurunan terbesar kedua yang pernah dialami pada saat itu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger